Halaman

Sabtu, 16 Juni 2012

Puyol Lebih Disayangkan

Kedatangan Spanyol di Euro kali ini sedikit pincang. Bagaimana tidak, dua pilar utama La Furia Roja, Carles Puyol dan David Villa dipastikan tidak dapat membela Timnas karena cedera. Nama pertama mengalami cedera hanya beberapa minggu sebelum Euro 2012 digelar. Sementara Villa, sejak Desember tahun lalu sudah menutup kemungkinan bermain di Timnas karena patah kaki yang dialaminya pada ajang Piala Dunia Antarklub.
Namun, untuk strategi di dalam lapangan, pelatih Vicente Del Bosque seharunya tidak perlu terlalu cemas. Seperti pada pertandingan pembuka grup C melawan Italia (10/6), peran Puyol dapat digantikan dengan baik oleh Sergio Ramos. sedangkan sebagai pengganti Villa, Spanyol masih memiliki Fernando Torres atau Fernando Llorente yang mampu memberi warna tersendiri bagi permainan tiki-taka Spanyol.
Kehilangan sebenarnya dirasakan di luar lapangan. Adalah Carles Puyol, sosok kapten yang kaya akan pengalaman internasional dan kemampuan memimpin para rekannya. Tanpa Puyol Spanyol akan kehilangan kekompakan. Casillas yang ditunjuk sebagai kapten pengganti dinilai kurang mampu dalam menguatkan tim di kamar ganti.
Jadi, tak bisa dimungkiri. Ketiadaan Puyol lebih disayangkan daripada Villa. Apalagi jika Casillas tidak mampu menggantikan peran Puyol, langkah Spanyol akan tersendat di Polandia-Ukraina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar